Minggu, 30 November 2014

TUGAS 6 (Pengantar Bisnis)

Ceritakan alasan anda kenapa memilih jurusan akuntansi dan manfaat apa yang anda harapkan dari ilmu akuntansi itu sendiri dalam kehidupan anda?

Pada saat SMK, saya mengambil jurusan administrasi perkantoran yang pada dasarnya didalam jurusan ini  juga memperlajari tentang laporan keuangan meskipun hanya sebatas dasar-dasarnya saja. Maka dari itu saya memutuskan untuk memperdalam ilmu dengan melanjutkan kejenjang universitas dengan mengambil jurusan akuntansi.

secara umum akuntansi merupakan sistem keuangan berdasarkan laporan mengenai kondisi perusahaan yang kegiatan ekonomi di dalamnya.  Pada prosesnya terdapat pencacatan, peringkasan transaksi keuangan, penggolongan dan penginterpestasianhasil dari proses tersebut. 
Manfaat akuntansi yang saya harapkan didalam kehidupan saya yaitu cara berbisnis yang sebenarnya, bagaimana cara memanaj keuangan dengan baik dan benar contohnya pada saat kita melalukan pengeluaran, pembelian, peminjman/hutang  berarti dalam akuntansi pengeluaran tersebut digolongkan/dimasukan ke kredit. Pada saat kita memperoleh pendapatan/uang maka dalam akuntansi digolongkan/dimasukan ke debit. Sehingga pada akhirnya saya dapat mengetahui berapakah debit yang saya miliki, apakah kredit melebihi kapasitas debit yang menyebabkan hutang atau kerugian, dan apakah debit melebihi kapasitas kredit sehingga saya memiliki sisa uang atau pendapatan.


Jenis-jenis bidang Akuntansi

1.Akuntansi Keuangan (Financial atau General Accounting) merupakan bidang akuntansi terutama yang berkaitan dengan pencatatan transaksi-transaksi dan penyusunan laporan serta pelaporan keuangan perusahaan yang ditujukan terutama kepada pihak-pihak eksternal perusahaan seperti investor, kreditor, lembaga pemerintah, pelanggan, pemasok dan masyarakat.
2. Akuntan Manajemen (Akuntan Internal) adalah akuntan yang memberikan jasa untuk kepentingan manajemen perusahaan tertentu. Bidang pekerjaan akuntan ini meliputi perencanaan dan pengendalian biaya, penganggaran, perancangan sistem infomasi dan pemeriksaan internal. Jika mereka bekerja di pabrik mereka disebut akuntan biaya atau akuntan industri. Jika mereka bekerja sebagai kepala bagian akuntansi sering disebut kontroler.
3.  Akuntansi Biaya (Cost Accounting) merupakan bidanng yang menekankan penentuan dan pemakaian biaya serta pengendalian biaya tersebut yang pada umumnya terdapat dalam persahaan industri.
4.  Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)  merupakan bidang akuntansi yang berhubungan dengan perencanaan penghitungan, pencatatan dan pelaporan pajak-pajak yang menjadi kewajiban perusahaan untuk dibayarkan kepada pemerintah berdasarkan Undang-Undang Perpajakan yang berlaku.
5.  Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)  merupakan suatu bidang yang menyangkut pemeriksaan laporan-laporan keuangan melalui catatan akuntansi secara bebas yang disusun dan dipublikasikan oleh manajemen perusahaan yaitu laporan keuangan tersebut diperiksa mengenai kejujuran dan kebenarannya.
6. Penganggaran merupakan bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan rencana secara terinci untuk mencapai sasaran yang ditetapkan perusahaan seperti penjualan, biaya, aset dan laba.
7.    Perancangan Sistem Informasi merupakan bidang akuntansi yang meliputi kegiatan identifikasi kebutuhan informasi untuk kepentingan internal maupun eksternal yang akan membantu manajemen untuk mengawasi dan mengendalikan jalannya operasi perusahaan.
8. Pemeriksaan Internal merupakan bidang akuntansi yang berhubungan dengan kegiatan pemeriksaan efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan dan untuk menjamin bahwa para karyawan dan bagian bagian dari perusahaan telah melaksanakan prosedur dan rencana yang ditetapkan manajemen.  
9.   Akuntansi Pemerintah atau Sektor Publik merupakan bidang akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan dan pelaporan keuangan pada organisasai pemerintahan atau organisasi yang memberikan jasa publik.
10.Konsultasi Manajemen merupakan jasa yang dapat diberikan oleh akuntan selain yang berhubungan dengan akuntansi seperti studi kelayakan, susunan organisasi, analisis data ekonomi dan lain-lain.
11. Akuntan Publik yaitu akuntan yang memberikan jasa terutama kepada publik (masyarakat), seperti jasa pemeriksaan laporan keuangan (auditing), perpajakan dan konsultasi manajemen.


Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan.

Syarat-syarat Laporan Keuangan

Syarat laporan keuangan yang baik harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
·     Relevan artinya bahwa informasi yang disajikan harus ada hubungan dengan pihak-pihak yang memerlukan untuk mengambil keputusan.
·  Dapat Dimengerti artinya bahwa laporan keuangan harus disajikan secara jelas dan mudah dipahami oleh para pemakainya.
·  Daya Uji artinya bahwa laporan keuangan yang disusun berdasarkan konsep-konsep dasar akuntansi dan prinsip-prinsip akuntansi yang dianut, sehingga dapat diuji kebenarannya oleh pihak lain.
·     Netral artinya bahwa laporan keuangan yang disajikan bersifat umum, objektif dan tidak memihak pada kepentingan pemakai tertentu.
·     Tepat Waktu artinya bahwa keuangan harus disajikan tepat pada waktunya.
·  Daya Banding artinya bahwa perbandingan laporan keuangan dapat diadakan baik antara laporan perusahaan dalam tahun tertentu dengan tahun sebelumnya atau laporan perusahaan tertentu dengan perusahaan lain pada tahun yang sama.
·   Lengkap artinya bahwa laporan keuangan yang disusun harus memenuhi syarat-syarat tersebut diatas dan tidak menyesatkan pembaca.



Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar